Tentang FKM UNSRAT

Sejarah Fakultas Kesehatan Masyarakat Unsrat 


Didirikan pada bulan April 2009 Fakultas Kesehatan Masyarakat menjadi fakultas yang paling baru berdiri. Program Studi (Prodi) Ilmu Kesehatan Masyarakat sebagai satu-satunya prodi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi merupakan prodi yang dahulunya berada di bawah Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi dengan izin penyelenggaraan oleh melalui SK Dirjen Dikti No. 3495/D/T/2001.

Sewaktu Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat masih berada di bawah Fakultas Kedokteran, terdapat tiga bidang minat (konsentrasi) yaitu Bidang Minat Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Kesehatan Lingkungan dan Gizi Kesehatan Masyarakat. Setelah Fakultas Kesehatan Masyarakat berdiri, telah dibuka beberapa bidang minat sesuai pilar ilmu kesehatan masyarakat.

Sejak tahun 2009, telah dibuka beberapa bidang minat yang baru secara berturut-turut yaitu Bidang Minat Epidemiologi, Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Promosi Kesehatan. Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat telah terakreditasi dengan predikat/nilai “B” sesuai Surat Keputusan Kepala BAN-Dikti Nomor 462/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014.

Dengan Dekan pertama Fakultas Kesehatan Masyarakat yaitu Prof dr Nova H Kapantauw DAN MSi SpGK serta WD I dr Ricky Sondakh, WD II dr Franckie R.R Maramis Mkes. dan WD III FKM dr Joy A.M Rattu MS PhD AIFO. Kemudian pada Rabu 27 Mei 2015 bertempat di kampus FKM Unsrat (gedung lama) telah dilangsungkan pemilihan Dekan FKM untuk menggantikan Prof dr. Nova H Kapantow DAN, MSc, SpGK. Hasilnya, Prof. dr. Grace Kandou, M.Kes memperoleh suara terbanyak dengan 7 suara dalam rapat senat FKM mengalahkan dr. Franckie R.R Maramis 4 suara, dan Prof Joy Rattu 1 suara. Dengan demikian, Prof dr. Grace Kandou, M.Kes sah menahkodai FKM Unsrat periode 2015 – 2019.

Kamis, 16 Maret 2017 telah diresmikan gedung baru Fakultas Kesehatan Masyarakat sekaligus pembukaan Dies Natalis FKM yang ke-8 oleh Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat. Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Prof. Dr. dr. Grace D. Kandou, M.Kes berharap FKM unsrat kedepan dapat lebih bersinergis lagi, mulai dari pimpinan fakultas sampai pada mahasiswanya agar supaya dapat lebih berkualitas.

Perkembangan teknologi yang pesat disertai dengan globalisasi akan meningkatkan kompleksitas masalah kesehatan dalam masyarakat yang berdampak pada penanganannya. Dengan demikian dibutuhkan tenaga kesehatan yang memiliki kemampuan manajemen dalam mengimplementasi-kan strategi proaktif dan antisipatif. Disamping itu, mereka perlu memiliki wawasan serta pengetahuan yang lebih luas dan daya analisis serta persepsi yang tajam dan terpadu. Antisipasi terhadap situasi dan kondisi semacam ini telah mendorong Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi menyelenggarakan pendidikan magister dan senantiasa memutakhirkan kurikulum serta materi ajarannya. Dengan demikian akan dihasilkan lulusan yang memiliki keunggulan akademis dan profesional yang dibutuhkan oleh dunia pendidikan dan pelayanan kesehatan masyarakat. Mereka juga mampu bersaing dalam pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan masyarakat, baik di sektor pemerintah maupun swasta, di tingkat nasional maupun internasional.



VISI
"Fakultas Kesehatan Masyarakat UNSRAT menjadi salah satu yang terbaik di tingkat nasional pada tahun 2013."

MISI
1. Membangun kualitas
Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas bagi mahasiswa dan pengembangan tenaga pendidik sesuai dengan kompetensi ilmu kesehatan masyarakat serta mengupayakan peningkatan status akreditasi Fakultas

 2. Membangun citra
Menyelenggarakan tata kelola akademik yang akuntabel dan mandiri serta melaksanakan  penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai wujud pencitraan dan keikutsertaan dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

 3. Membangun kemitraan.
Menggalang dan memperluas kemitraan dengan pihak pemerintah, swasta, profesi dan organisasi lokal, nasional, regional dan internasional dalam membangun keberlanjutan proses pendidikan kesehatan masyarakat yang dilaksanakan oleh Fakultas.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artikel Kesehatan

Video